Wednesday, October 31, 2012

Kelompok kerja (Pokja) Ruang Belajar Masyarakat (Rubelmas) Kabupaten Sidrap menyiapkan penghargaan (Award) bagi pelaku-pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan terbaik 2012.

Dalam pertemuan pengurus Pokja Rubelmas Sidrap bersama Forum Kerjasama Antar Desa (BKAD) Sidrap di Sekretariat Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Watang Pulu, Rabu, 31 Oktober, memutuskan, ada delapan unsur pelaku PNPM yang akan dinilai kinerjanya.

Adapun delapan unsur pelaku PNPM tersebut adalah BKAD, TPM, TPPD, UPK, TPK, PL dan TPM serta SPP. Mengacu pada Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) tahun ini, terjadi penambahan penilaian kinerja setelah TPPD dan SPP masuk penilai tahun ini.

Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM Mandiri Perdesaan Sidrap, Mardiana Momon mengatakan, masuknya TPPD dan SPP dalam penilai kinerja tahun ini didasari dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, sebagai motivasi atas kinerja tenaga pemelihara dan kelompok SPP yang selama ini tidak pernah menunggak.

Motivator Pokja Rubelmas Sidrap yang juga Ketua Forum BKAD Sidrap Mustakim Halede, mengatakan, pelaksaan workshop evaluasi atau pemberian penghargaan ini direncanakan berlangsung November atau Desember 2012.

Sementara Ketua Pokja Rubelmas Sidrap Akib Ali mengatakan, demi mengoptimlkan program penilain kinerja ini, telah disepakati membentuk tim penilai melibatkan Penanggungjawab Operasional (PJo) Kabupaten, Unsur faskab dan sejumlah Perwakilan Pokja RBM.

Menurut Akib, agenda pemberian award kepada pelaku PNPM Mandiri Perdesaan terbaik Sidrap 2012 ini, akan diawali dengan studi lapangan, survei dan pemeriksaan dokumen-dokumen terkait objek penilai di sepuluh UPK PNPM Mandiri Perdesaan di Sidrap. (*)