Friday, January 27, 2012

SIDRAP — Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa/kelurahan di Sidrap untuk 2012, mulai digelar.Dan, jika tak ada aral musrenbang tingkat kecamatan akan dilaksanakan mulai 20 hingga 23 Februari, mendatang.

Untuk tingkat desa/kelurahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap menunjuk Desa Manisa sebagai desa percontohan pelaksanaan musrenbang tingkat desa/kelurahan.

Kegiatan musrenbang di Desa Manisa yang dilangsungkan di Balai kantor desa setempat, Jum'at, 27 Januari, kemarin, dibuka secara resmi oleh Sekcam Baranti, Muh Syukri, didampngi Lurah Manisa, Abd Malik Zain.

Sementara dari unsur Pemkab Sidrap dihadiri Kasubsi Ekososbud, Muh Fajrin mewakili Kepala Bappeda Sidrap Sudirman Bungi dan unsur fasilitator kabupaten PNPM-MPd Sidrap, Taufiq Abbas, Abd Rauf dan Mardiana.

Tampak pula di acara ini Ketua Forum Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Sidrap, Mustakim Halede, Kepala Puskesmas Manisa, dr Azisi, para kepala lingkungan desa setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat.

Dalam arahannya, Sekcam Baranti, Muh Syukri, menegaskan bahwa dasar pelaksanaan musrenbang ini mengacu pada UU No 25/2004 tentang strategi perencanaan pembangunan nasional. Kegiatan ini, lanjutnya, menjadi kalender wajib dilaksanakan setiap tahunnya.

Untuk itu, Muh Syukri berpesan agar agenda musrenbang desa/kelurahan ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk membahas sekaligus mengusulkan program-program prioritas dengan tetap berdasar pada renstra kelurahan dan atau RPJMdes.

Sementara itu, Kasubsi Ekososbud Bappeda Sidrap, Muh Fajrin, mengatakan, pelaksanaan musrenbang tahun ini, baik musrenbag tingkat desa/kelurahan, kecamatan maupun kabupaten akan diintegrasikan dengan kegiatan PNPM-MP.

Maksudnya kata Fajrin, agar seluruh program perencanaan yang diusulkan melalui musyawarah reguler tidak lagi tumpang tindih dengan program/kegiatan PNPM yang setiap tahunnya juga melaksanakan pembangunan partisipatif.

"Sengaja kita libatkan bersama antar warga, unsur pemerintah kelurahan serta perangkat PNPM di musrenbang agar ke depannya, tidak ada lagi usulan yang sama dikerjakan tahun ini. Intinya, kita harapkan usulan-usulan ini selalu terintegrasi," katanya.

Bappeda sebagai instansi yang menangani perencanaan pembangunan lanjut Fajri juga mengingatkan peserta musrenbangdes di seluruh desa/kelurahan di Sidrap agar senantiasa memprioriotaskan usulan-usulan yang mendesak dan mengacu pada visi-misi bupati.

Dibagian akhir, Lurah Manisa, Malik Zain berkomitmen untuk melaksanakan musrenbangdes ini dengan sebaik-baiknya dalam melahirkan usulan-usulan prioritas di wilayah ini. 'Saya ucapkan selamat melaksanakan acara ini semoga bermafaat bagi kepentingan rakyat," ungkapnya. (edy)

0 komentar:

Post a Comment