Thursday, February 28, 2013

SIDRAP -- Sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pengelolaan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di tingkat Kecamatan Tellu Limpoe, Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Kamis (31/1) lalu, digelar Musyawarah Antar Desa (MAD) tutup buku 2012, di Aula kantor Camat Tellu Limpoe.

Palaksanaan MAD ini, dipimpin ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Tellu Limpoe Muhammad Akib Ali, dihadiri oleh Fasilitator Keuangan (Faskeu) Kabupaten Sidrap Taufik Abbas, Fasilitator Tehnik Kecamatan Tellu Limpoe, Faita serta ketua UPK Kecamatan Tellu Limpoe Basri dan undangan lainnya.

Ketua UPK Kecamatan Tellu Limpoe, Basri mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka laporan pertanggungjawaban pengelolaan PNPM Mandiri pedesaan di wilayah itu, mulai laporan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan dilanjutkan hasil penyaluran Dana Operasional Kegiatan (DOK) kepada 9 Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Tellu Limpoe.

"Banyak manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat di wilayah ini dengan program ini, sehingga kita berharap para pengelola program ini, bisa lebih meningkatkan profesionalisme dalam mengelola PNPM-MP ke depan,"harapnya.

Untuk program PNPM 2013 di Kecamatan Tellu Limpoe, kata dia akan dikucurkan modal dana bergulir kepada SPP sekitar Rp 1 Milyar lebih, termasuk untuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) di sembilan desa dan kelurahan seperti kegiatan fisik senilai 800 juta.

Sementara Ketua BKAD Kecamatan Tellu Limpoe, Muhammad Akib Ali mengharapkan, agar semua pengurus PNMP Mandiri Pedesaan yang ada di wilayah itu, supaya bekerja sama dalam meningkatkan mutu pelayanan. sehingga kegiatan PNPM itu bisa  berjalan dengan baik.

”Jangan sampai pada saat pelaksanaan program ada yang melanggar aturan yang ada. Kalau hal itu terjadi, maka akan berakibat berkurangnya kepercayaan masyarakat,”katanya.

Untuk itulah Akib ALi mengajak semua komponen yang terlibat dalam PNPM itu, untuk bekerja dengan baik, sungguh-sungguh, sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat melalui program itu bisa terwujud. (**)