Tuesday, February 28, 2012

Warga Minta Poros Talumae-Damai di Aspal

Rabu, 22 Februari, silam, pemerintah dan masyarakat se-Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, menggelar acara musrenbang. Salah satu permintaan warga setempat yakni perlunya jalan poros Talumae-Damai di aspal.

EDY BASRI Sidrap

Tahun 2013 mendatang, adalah tahun penantian bagi warga Kecamatan Watang Sidenreng, Warga disini, sangat berharap agar pemerintah dan atau pengelola PNPM segera mewujudkan mimpinya untuk mengaspal jalan poros Damai-Talumae yang ada di wilayah itu.

Sangkin antuasiasnya mengusulkan program pembangunan tersebut, warga seolah tak mau tahu apakah usulan tersebut diplot ke dalam pembiayaan APBD, ataukah masuk ke dalam perencanaan partisifatif PNPM.

Intinya, tahun 2013 mendatang, warga mengharapkan agar keinginannya tersebut bisa direalisasikan atau diwujudkan. Menurut warga peserta musrenbang, panjang jalan poros tersebut hanya berkisar 5000 meter dan terletak di Dusun I dan II Desa Talumae.

Selain itu, warga juga ikut mengusulkan tujuh program pembangunan fisik lainnya, antara lain, pembangunan pagar Kantor Kelurahan, Jembatan penyeberangan masing-masing di Kanyuara. Lainnya, juga diusulkan kegiatan rehab hotmix dan talud sepanjang 8 kilometer di Jalan Poros Empagae-Rappang dan lainnya.

Demikian halnya di bidang ekonomi, sosial dan budaya, warga di Kecamatan Watang Sidenreng ini sepakat mengusulkan adanya bantuan modal usaha, khususnya warga di Kanyuara, Penambahan jalan tani di Kelurahan Sidenreng serta Bantuan sarana-prasarana TPA Masjid Adam Malik, penimbunan dan pemasangan pagar Pustu di Waladeceng dan lainnya.

Warga berharap, agar pelaksanaan musrenbang 2012 yang dilaksanakan baru-baru tersebut, benar-benar menjadi acuan dan inspirasi pemerintah dalam merubah wajah Kecamatan Watang Sidenreng kelak. "Semua usulan yang ada sudah inklud, tinggal bagaimana direalisasikan," ujar Nur Asking, salah seorang wakil peserta musrenbang.

Sementara itu, Camat Watang Sidenreng Drs A Syarifuddin didampingi tim pengendali dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidrap Drs Mustari Kadir, mengatakan, kegiatan musrenbang kecamatan ini adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan/desa untuk mendapatkan masukan.

Terutama kata dia masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Watang Sidenreng yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan ini.

Masukan itu kata A Syarifuddin, sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten pada tahun berikutnya.

"Hasil Musrenbang Kecamatan ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan bagi Forum SKPD serta Musrenbang tingkat Kabupaten yang nantinya akan dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2013 yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan RAPBD Kabupaten Sidrap Tahun 2013," katanya.

Tampak hadir diacara ini antara lain, Camat Watang Sidenreng, A Syarifuddin sekaligus bertindak selaku pimpinan rapat, Abd Hamka selaku notulen dan narasumber masing-masing Ir Samuel (Distanbun), La Made Daud (Pemdes), A Baharuddin (BKPP), Hj Rohani (Dishuttamben) serta Ir Anwar (Dinas Bina Marga).

Tak ketinggalan unsur PNPM-MPd Sidrap, meliputi unsur Fasilitator Kabupaten (Faskab), Fasilitator Kecamatan (FK) Watang Sidenreng, I Masse dan PJOK Kecamatan Watang Sidenreng, Abd Hamka BSc serta sejumlah pengelola dan perangkat PNPM MPd Sidrap dan kecamatan Watang Sidenreng lainnya. (edy)

0 komentar:

Post a Comment