Monday, February 27, 2012

Mayoritas Warga Usulkan Pembangunan Jalan Tani
Kamis, 23 Februari, pekan lalu. Pemerintah dan masyarakat Dua Pitue sukses menggelar musrenbang kecamatan. Sedikitnya 19 usulan yang terserap dan menjadi prioritas tahun ini. 
Oleh  : ABD HALIK SE (FKP PNPM-MPd Kecamatan Dua Pitue*)

PEMERINTAH dan masyarakat Kecamatan Dua Pitue kembali duduk bersama membahas program/rencana pembangunan satu tahun ke depan.

Dalam musrenbang reguler-integrasi tahun 2012 ini, pemerintah-warga sepakat menelorkan sedikirnya 19 program prioritas untuk dikerjakan tahun depan.

Adapun usulan warga tersebut antara lain, pembangunan jalan tani, peningkatan jalan dan pavin blok. Dua usulan prioritas ini disuarakan warga dari Kelurahan Tanru Tedong serta masyarakat Desa Kalosi.

Akan halnya warga dari Desa Kalosi Alau, juga mengusulkan pembangunan jalan tani. Sementara warga di Desa Padangloang Alau mengusulkan pembangunan drainase, serta Desa Kampale dengan merencanakan pembangunan talud dan timbunan.

Berbeda halnya dengan warga yang ada di Desa Salobukkang, warga disini justru memimpikan adanya proyek perintisan dan atau peningkatan jalan mulai tahun 2013 nanti.

Nyaris sama dengan keinginan warga di Desa Tacimpo. Dalam rembuk  aspirasi tersebut, warga asal Tacimpo ini juga memimpikan adanya kegiatan perintisan jalan tani yang dibangun di wilayah itu.

Sedangkan warga asal Desa Bila mengharapkan pembangunan talud dan timbunan. Sementara warga dari Desa Padang Loang mendambakan pembangunan Paud.

Akan halanya dengan warga di Kelurahan Tanru Tedong, warga Kelurahan Salomallori juga mengusulkan adanya pembangunan jalan tani. Sedang Kampale hanya mengusulkan pelatihan jahit-menjahit.

Tidak jauh berbeda dengan aspirasi tadi, warga asal desa Padang Loang tahun ini ikut mengusulkan perintisan jalan, demikian halnya dengan Desa Bila dan Tacimpo ikut mengusulkan pelatihan jahit-menjahit.

Usulan unik justru disuarakan warga asal Desa Salobukkang. Perwakilan warga Salobukkang ini justru ingin agar tahun depan dibuatkan acara pelatihan pembuatan keripik pisang.

Sementara tiga usulan lainnya yakni dari Padangloang, Kalosi dan Tanru Tedong mengusulkan masing-masing pelatihan menjahit dan kegiatan pembangunan talud.

Camat Dua Pitue Andi Bachtiar didampingi faskab PNPM MP Sidrap Mardiana Momon, mengatakan, seluruh usulan prioritas dari warga tersebut telah melalui proses pembahasan dan pengkajian yang matang.

Keduanya juga mengakui bahwa usulan-usulan warga tersebut, baik melalui program reguler maupun PNPM telah diparalelkan dengan baik sehingga tidak ada lagi tumpang tindih saat pelaksanaannya.

Acara ini turut dihadiri tim musrenbang kabupaten yang diketuai Andi Faisal Ranggong, FKP PNPM-MPd Kecamatan Dua Pitue, Abd Halik SE.

Tak ketinggalan PJOKec, BKAD, Tim verifikasi, FT, UPK, PL serta para Kepala desa/lurah dan unsur delegasi masing-masing desa/kelurahan. (*)

0 komentar:

Post a Comment