Monday, March 11, 2013

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Sidrap, mulai berlangsung, Senin, 11 Maret. Warga berharap, usulan prioritas yang diajukan benar-benar dapat direalisasikan di 2014.

Warga yang melaksanakan musrenbang di empat kecamatan, kemarin, yakni, Kecamatan Watang Pulu, Baranti, Panca Rijang dan Kulo, dominan mengusulkan pembangunan infrastruktur pertanian.

Di Kelurahan Uluale, Kecamatan watang Pulu misalnya, warga berharap agar pada 2014 mendatang, pemerintah berkenan menyulap lahan menjadi jalan tani sepanjang 700 meter. Demikian juga, warga di Desa Ciro-ciroe berharap adanya pintu air dibangun.

Di Kelurahan Batulappa, warga juga mengusulkan adanya pengeresan jalan lingkungan sepanjang 1000 meter. Sementara di Desa Carawali, warga meminta adanya pembangunan lening saluran irigasi sepanjang 2000 meter serta pengerasan jalan di Kelurahan Arawa.

Camat Watang Pulu, Abdul Waris Sadik, mengatakan, usulan warga melalui musrenbang 2013 untuk perencanaan 2014 mendatang telah melalui pengkajian dan survey lapangan. Seluruh usulan warga ini kata dia, selayaknya menjadi bahan pertimbangan pemerintah, utamanya lintas sektoral, SKPD maupun PNPM Perdesaan.

Kepala Bappeda Sidrap, Sudirman Bungi diwakili Abdul Hadi menjelaskan, usulan prioritas desa dan kelurahan ini, nantinya akan di singkronkan kembali dengan rencana kerja (Renja) SKPD masing-masing. Usulan kegiatan yang memungkinkan digarap PNPM Perdesaan, akan dialihkan untuk dikerjakan.

Menurut Hadi, proses perencanaan pembangunan yang berlangsung saat ini melibatkan pelaku PNPM Perdesaan di 10 kecamatan. Demikian pula dengan program-program pembangunan yang direncanakan, selalu terintegrasi dengan keinginan warga yang lahir melalui PNPM. (Ketua UPK PNPM MPd Watang Pulu, Mustari)