Tuesday, September 6, 2011

SIDRAP - Pengentasan kemiskinan dan pengangguran adalah tanggung jawab bersama. Tanggung jawab itu tidak hanya bertumpuh pada program pemerintah semata, melainkan seluruh stockholder yang berkaitan dengan program pemberdayaan masyarakat, semisal PNPM.

Hal ini ditegaskan Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Sidrap, H Mustakim Halede, di sela-sela sosialisasi pelaksanaan program Ruang Belajar Masyarakat (Rubelmas) Kabupaten Sidrap di Balai Benih Ikan (BBI) Pangkajene, belum lama ini.

Mustakim mengatakan, masalah kemiskinan merupakan persoalan besar yang dihadapi bangsa ini. Oleh karenanya, dengan niat kebersamaan dan integritas PNPM MP diharapkan bisa turut andil dan bersinergi dengan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Sidrap.

Menurutnya, program PNPM MP yang diluncurkan pemerintah sudah mengalir dan dimanfaatkan masyarakat. Tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik, tapi juga pemberdayaan ekonomi serta bakti sosial dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Mustakim juga mengapresiasikan sejumlah keberhasilan Sidrap dalam pelaksanaan PNPM Mandiri. "Saya melihat bahwa penyelenggaraan PNPM di daerah kita ini sudah berjalan dengan baik dan konsisten. Baik dari segi administrasi, pendampingan, hingga BPUB selalu baik dan tepat," ujarnya.

Kegiatan PNPM MP kata dia diharapkan bisa menyentuh kemiskinan. karena itu kata dia, PNMP MP wajib membuat program-program pengentasan kemiskinan dan dilaksanakan sendiri oleh masyarakat melalui pendampingan.(Sapnoer)

0 komentar:

Post a Comment